Rekomendasi Buah yang Mengandung Banyak Air

Memenuhi kebutuhan cairan di dalam tubuh adalah kewajiban kita sehari-hari agar tubuh tetap dapat menjalankan fungsinya dengan optimal. Selain minum air putih, kebutuhan cairan juga bisa diperoleh dengan mengonsumsi buah yang mengandung banyak air.

Tubuh yang kekurangan cairan dapat mengalami dehidrasi, yang bisa menimbulkan kelelahan, sakit kepala, masalah pada kulit, kram otot, tekanan darah rendah, dan detak jantung menjadi cepat. Selain itu, dehidrasi berkepanjangan juga dapat menimbulkan komplikasi yang serius seperti kegagalan organ.

Para ahli pada umumnya merekomendasikan setiap orang untuk minum beberapa gelas air agar kebutuhan hidrasi tubuh tetap tercukupi. Akan tetapi, meski minum air sangat penting, Anda juga bisa mendapatkan air dari makanan. Ada banyak makanan seperti buah yang mengandung banyak air yang bermanfaat untuk diet Anda sehari-hari.

Baca Juga: Dejavu

Rekomendasi Buah yang Mengandung Banyak Air

Semangka

Semangka memiliki kandungan air sebanyak 92%, dan merupakan buah yang sehat dan mampu menghidrasi tubuh. Dalam 154 gram semangka, mengandung 118 ml air, vitamin C, vitamin A, dan magnesium. Semangka juga rendah kalori, di mana hanya ada 46 kalori per cangkir.

Karena kandungan air semangka sangat tinggi, maka semangka memiliki kepadatan kalori yang sangat rendah. Hal itu berarti porsi semangka yang relatif besar hanya mengandung sangat sedikit kalori.

Konsumsi makanan dengan kepadatan kalori yang rendah terbukti membantu menurunkan berat badan dengan meningkatkan rasa kenyang dan mengurangi nafsu makan. Tidak hanya itu, semangka mengandung antioksidan yang kuat seperti likopen.

Likopen diketahui dapat mencegah kerusakan oksidatif pada sel yang terkait dengan berbagai penyakit seperti diabetes dan penyakit jantung.

Stroberi

Stroberi memiliki kandungan air yang tinggi yaitu mencapai 91 %, sehingga membuatnya menjadi buah yang sangat menghidrasi tubuh. Tidak hanya itu, stroberi juga menyediakan banyak serat, mengandung antioksidan penangkal penyakit, vitamin dan mineral, termasuk vitamin C, folat, dan mangan. Makan buah stroberi secara teratur diketahui mampu mencegah penyakit jantung, diabetes, Alzheimer, dan berbagai jenis kanker.

Blewah

Blewah merupakan buah yang sangat bergizi dan memiliki kandungan air mencapai 90%. 117 gram blewah mengandung 2 gram serat yang dapat bersama dengan air akan meningkatkan rasa kenyang dan mengurangi nafsu makan. Tidak hanya itu, blewah juga mengandung vitamin A.

Persik

Persik merupakan buah yang sangat pada nutrisi dan memiliki kandungan air sebanyak 89%. Persik juga menyediakan beberapa vitamin dan mineral yang penting seperti potasium, vitamin A, vitamin B, dan vitamin C. Buah persik yang dikonsumsi bersama kulitnya akan menyumbangkan antioksidan penangkal penyakit seperti asam klorogenat.

Jeruk

Jeruk adalah buah yang sangat menyehatkan dan memiliki kandungan air sebanyak 88%. Jeruk mengandung serat dan beberapa nutrisi seperti vitamin C dan potasium yang dapat meningkatkan fungsi kekebalan tubuh dan menjaga kesehatan jantung.

Jeruk mengandung antioksidan yang dapat menangkal penyakit seperti flavonoid yang dapat mencegah kerusakan sel dengan mengurangi peradangan. Air dan serat yang terkandung di dalam jeruk dapat meningkatkan perasaan kenyang yang dapat membuat nafsu makan tetap terkendali.

Tidak hanya itu, konsumsi buah jeruk secara teratur dapat melindungi tubuh dari terkena batu ginjal. Hal ini karena asam sitrat yang terkandung pada jeruk dapat mengikat kalsium oksalat yang dapat membentuk batu ginjal dan membantu mengeluarkannya dari tubuh.

Jeruk Bali

Jeruk bali adalah buah yang mengandung banyak air, bahkan sampai 88%. Tidak hanya itu, jeruk bali kaya akan serat, antioksidan, dan beberapa vitamin serta mineral seperti vitamin A, kalium, dan folat. Jeruk bali juga sangat tinggi vitamin C sehingga dapat menjaga kekebalan tubuh.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *