Begini Cara Tepat Memberikan Termorex Sirup pada Bayi

Ketika si Kecil demam, tentu hal pertama yang orang tua rasakan adalah rasa khawatir. Apalagi jika si Kecil masih dalam usia bayi di bawah 6 bulan. Pasti sebagian orang tua akan kebingungan memberikan obat penurun panas pada bayi.

Salah satu merk obat yang berkhasiat meredakan demam dan nyeri pada anak adalah Termorex Sirup. Kandungan parasetamol yang merupakan zat analgetik dan antipiretik pada Termorex, bekerja efektif untuk menurunkan suhu tubuh dan meredakan rasa nyeri pada anak dan bayi.

Begini Cara Tepat Memberikan Termorex Sirup pada Bayi
Begini Cara Tepat Memberikan Termorex Sirup pada Bayi

Termorex aman dikonsumsi anak karena kandungannya yang alcohol free. Selain itu, obat ini juga aman bagi ibu hamil, namun disarankan untuk tetap berkonsultasi dengan dokter agar mendapatkan anjuran penggunaan yang tepat.

Nah, setelah menemukan obat yang tepat, kebingungan orang tua selanjutnya yaitu bagaimana cara memberikan Termorex sirup pada anak. Apalagi beberapa bayi cenderung memuntahkan obat yang diminumnya sehingga sulit untuk memasukkan obat ke dalam mulut bayi.

Tak perlu khawatir, berikut ini panduan memberikan Termorex sirup pada bayi:

1. Menggunakan Alat Bantu

Berbeda dengan jenis obat drop, jika Anda memberikan sirup ada kemungkinan si Kecil menolak dan memuntahkannya.

Untuk itulah, Anda bisa menggunakan alat bantu seperti pipet, sendok atau spuit saat memberikan obat penurun demam jenis sirup, Untuk bayi akan lebih mudah jika diberikan melalui spuit atau pipet karena bayi belum bisa minum dari sendok.

2. Bayi dalam Kondisi Terbangun

Setelah memutuskan alat bantu yang akan digunakan, sebelum memberikan obat tersebut, pastikan bayi sedang tidak tidur atau dalam kondisi terbangun, ya!

Sebab, saat hendak memberikan obat sirup, bayi harus diposisikan menghadap ke atas, telentang di atas lipatan antara lengan dan tangan.

3. Berikan Bertahap dengan Lembut

Langkah selanjutnya, Anda bisa memasukkan obat Termorex menggunakan pipet atau spuit dengan lembut.

Obat tidak harus diberikan sekali langsung selesai. Sebaiknya, berikan Termorex sirup secara bertahap, sedikit demi sedikit.

4. Langkah Memberikan Obat Sirup

Setelah persiapan pemberian obat selesai, Anda bisa bersiap memberikan Termorex pada anak.

Berikut ini panduan yang bisa Anda lakukan saat memberikan Termorex sirup:

  • Posisikan bayi dalam keadaan duduk.
  • Pegang erat salah satu tangannya kemudian tempatkan tangan lainnya di pinggang Anda.
  • Selanjutnya goreslah pipi dengan lembut dan perlahan agar bayi dapat terangsang membuka mulutnya.
  • Masukkan obat ke dalam alat bantu yang Anda pilih.
  • Dorong perlahan-lahan di sisi dalam mulut bayi atau di sebelah lidah sehingga rasa obat tidak terlalu terasa. Jangan masukkan obat langsung ke belakang tenggorokan bayi untuk menghindari risiko tersedak.
  • Saat bayi sudah menelan obatnya, berikan minum sehingga obat tertelan seluruhnya.

5. Berikan Kembali Obat Jika Belum 30 Menit Sudah Dimuntahkan

Lalu bagaimana jika si Kecil memuntahkan kembali obatnya? Jika belum sampai 30 menit pemberian obat, maka Anda harus kembali mengulang pemberiannya. Sebab, khasiatnya belum sampai pada tubuh anak Anda.

Untuk itulah, hal yang paling penting pilihlah obat dengan perasa seperti stroberi, jeruk hingga anggur yang lebih disukai bayi dan anak-anak. Termorex Sirup sendiri tersedia dalam rasa jeruk.

Demikian informasi mengenai cara memberikan Termorex Sirup pada anak. Anda juga harus memberikan obat sesuai dengan anjuran dosis yang tercantum di dalam kemasan maupun sesuai dengan resep dokter. Semoga bermanfaat!

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *